Pengertian Burn in pada layar smartphone






                                         

BURN IN 

Burn in atau yang biasa disebut dengan layar berbayang adalah suatu permasalahan yang cukup mengganggu pengguna smartphone android burn in bisa menyerang layar yang berjenis AMOLED kebanyakan, tetapi meskipun begitu tidak juga menutup kemungkinan layar LCD jenis IPS juga ikut terkena tanpa disadari.
penyebab terjadinya Burn in pada layar smartphone adalah dikarenakan masa penggunaan dalam jangka waktu yang cukup lama itu oleh karena faktor usia LCD tersebut atau memang karena cacat bawaan dari pabrik yang membuatnya, Kerusakan pada layar ini bersifat permanen artinya tidak dapat diperbaiki secara total dan satu-satunya cara yaitu dengan mengganti LCD baru. sebenarnya ada banyak aplikasi di playstore yang mampu menangani permasalahan layar Burn in, memang aplikasi tersebut dapat mengatasi masalah layar berbayang tapi sifat nya tidak permanen melainkan sifatnya hanya sementara maka dari itu janganlah terlalu berharap banyak dari aplikasi yang dapat memperbaiki LCD burn in (berbayang).


PENCEGAHAN

mencegah memang lebih baik dari mengobati itulah kata-kata yang tepat untuk layar smartphone anda. pencegahan yang dapat anda lakukan agar tidak terkena Burn in adalah dengan mengubah wallpaper kalian setiap saat, kenapa harus diubah? karena jika layar pada smartphone menampilkan layar yang sama atau itu-itu saja maka pixel pada layar LCD IPS atau AMOLED akan terbiasa menampilkan warna tersebut kalau bisa dibilang warna itu terjebak disitu-situ saja makanya jika sudah terkena Burn in pastinya layar tersebut akan meninggalkan bekas/jejak yang dapat mengganggu pandangan mata.
dan selanjutnya adalah pastikan brightness pada layar smartphone kalian jangan terlalu terang karena itu akan membuat Pixel pada layar akan mengeluarkan konsumsi daya yang berlebihan konsumsi daya yang berlebihan itu dapat memperpendek usia layar smarthone dan itulah yang menyebabkan terjadinya Burn ini atau layar berbayang. dan yang terpenting adalah usahakan untuk menggunakan theme yang agak sedikit gelap untuk mengurangi efek dari Burn in tersebut.

Baiklah mungkin sekian dari saya dan jika kalian ingin mengatasi permasalahan layar Burn in kalian dapat menggunakan aplikasi bernama Display Tester  Atau Burn in tool yang dapat didownload di playstore aplikasi ini dapat sedikit membantu mengatasi layar burn in meskipun sifat perbaikan nya tidak sepenuhnya normal. kalau saran saya lebih baik mengganti layar dengan yang baru.

Comments

Popular posts from this blog

6 Makanan untuk mengatasi Insomnia

Biographi: Zoe baker, Resident evil 7

CERITA RESIDENT EVIL REVELATIONS 2