Jumlah Matahari di alam semesta tidak hanya satu





matahari adalah merupakan sebuah bintang yang ada di alam semesta disebut sebagai bintang karena dapat memancarkan cahaya nya sendiri berbeda dengan planet yang hanya mengandalkan cahaya dari matahari ukuran matahari sebenarnya terlihat sangat kecil jika dilihat dari luar galaksi bimasakti dan ukuran nya masih kalah dibandingkan sebuah bintang yang bernama "Pistol Star" yaitu bintang yang paling sangat terang di angkasa luar dan mengapa kah matahari terlihat begitu besar jika diamati dari bumi? itu dikarenakan jarak matahari dan bumi cukup dekat sehingga dapat dengan mudah dilihat dengan mata telanjang tanpa bantuan teleskop Hubble sekalipun.
baiklah kembali ke topik utama tadi apakah memang benar matahari yang ada dialam semesta tidak hanya satu, dan menurut dari berbagai sumber yang saya ketahui matahari tak hanya satu jadi intinya jumlah matahari yang terdapat diseluruh penjuru alam semesta sangat-sangat begitu banyak mengingat luas alam semesta pun yang tak dapat diketahui batasnya entah sampai mana, dan tiap planet-planet yang ada di galaksi lain selain dari galaksi bimasakti (galaksi kita) itu paling tidak mempunyai 1 bintang (matahari), yang ada digalaksi tersebut dengan ukuran yang berbeda-beda.

dan berikut sebagian dari nama-nama bintang yang terdapat di alam semesta yang ukuran dari binta tersebut lebih besar dari bintang matahari yang kita miliki


RIGEL


bintang yang satu ini merupakan salah satu bintang yang besar warna dari sebuah bintang ini adalah putih kebiruan dan terlihat sangat terang dan indah jika dipandang namun dibalik keindahan nya bintang ini sangat begitu panas dan panasnya mencapai 10.500 derajat Celcius berbeda dibandingkan dari Matahari kita yang suhunya kurang lebih dibawah dari itu. cahaya yang di pancarkan rigel  40.000 kali lebih terang dari Matahari tak dapat dibayangkan jika seandainya matahari kita digantikan oleh Rigel mungkin bumi sudah tak dapat dihuni lagi karena suhunya sangat panas tak terhingga dan  Jarak Rigel dari Bumi ini yaitu 860 tahun cahaya.



BETELGEUSE





yang kedua adalah Betelgeuse yaitu bintang merah raksasa yang sekaligus menjadi bintang paling terang di rasi Sirius. Bintang ini berjarak 640 tahun cahaya dari bumi. Bintang seperti Betelgeuse ini memiliki ukuran sangat besar, bila bintang terlalu besar artinya terlalu banyak menghabiskan gas untuk dibakar setiap hari. Bintang menyala karena membakar gas hidrogen. Kandungan yang amat besar, membuat tekanan di inti sebuah bintang terjadi fusi nuklir. Begitu di dalam mulai menyala, akhirnya bintang bersinar. Untuk kebutuhan bintang bersinar, tentu ada yang dibakar, yaitu gas hidrogen. Semakin besar sebuah bintang, semakin cepat ia kehabisan hidrogen. 


MU CEPHEI




Mu cephei  diketahui sebagai bintang paling besar dan terang yang terdapat di bagian di Galaksi Bima Sakti. Jarak bintang Mu Cephei dari bumi diperkirakan 6,000 tahun cahaya dan 38,000 kali lebih terang dari matahari. Mu Cephei memiliki radius lebih besar 1,420 kali dibandingkan dengan dari radius matahari, membuat bintang Mu Cephei menjadi bintang ke 3 terbesar di alam semesta yang diketahui saat ini dan matahari kita pun kalah karena besarnya jauh sekali dengan matahari yang terlihat begitu sangat-sangat kecil jangankan matahari bumi pun lebih kecil lagi dari itu benar-benar tak dapat dibayangkan nih.



VY CANIS MAJORIS


kalau yang satu ini adalah bintang yang paling sangat besar dari Mu Cephei dan yang lainya Bintang VY Canis Majoris adalah bintang hyper raksasa yang berada di rasi Canis Majoris. Jarak dari bumi ke bintang ini sekitar 4,900 tahun cahaya. Saking besarnya bintang ini yaitu mencapai 2,000 kali lebih dari ukuran matahari, membuat bintang ini jika ditempatkan di matahari kita, maka akan mencapai orbit Planet Saturnus tetapi suhu dari bintang ini terbilang cukup rendah yaitu Permukaan VY Canis Majoris hanya bersuhu 2762 celcius, setengah dari panas permukaan Matahari. Walau begitu, bukan berarti VY Canis Majoris masih sangat mampu membakar apa pun yang mendekatinya. Namun jika diandaikan Matahari memiliki suhu yang sama seperti Canis Majoris, kehidupan di Bumi tidak akan berlangsung seperti sekarang mungkin semua penghuni dibumi dapat dipastikan tewas seketika. oh iya karena ukuran nya yang sangat besar kalau bisa dibilang besarnya miliyaran lebih besar dibanding matahari dan bagi VY Canis Majoris ini Bumi dan matahari kita hanyalah seperti sebutir Debu karena sangat amat kecil.




nah itulah mungkin bintang-bintang yang terdapat dialam semesta, sebenarnya jumlahnya ada sangat banyak sekali dan karena saking banyaknya saya hanya menyebutkan nya sebagian dari jumlah yang ada saja karena keterbatasan kemampuan manusia tak dapat menghitung jumlah nya yang begitu banyak mengingat jumlah nya triliun an yang terdapat dialam semesta begitupun halnya dengan planet.

Comments

Popular posts from this blog

6 Makanan untuk mengatasi Insomnia

Biographi: Zoe baker, Resident evil 7

CERITA RESIDENT EVIL REVELATIONS 2