tentang kopi dan 10 manfaat kopi bagi kesehatan





hallo guys jumpa lagi bareng saya dan pada kesempatan kali ini saya disini akan membahas mengenai kopi nih ,siapa sih yang tidak mengenal minuman yang satu ini karena minuman ini termasuk salah satu minuman kesukaan saya karena sehari saja saya tidak meminum kopi rasanya ada yang kurang didalam kehidupan saya hahaha jadi lebay guys tapi memang begitu kenyataan nya saya tidak bisa lepas dari yang namanya kopi. oke guys disini saya akan membahas mengenai sejarah singkat dari minuman kopi ini.

Sejarah kopi konon bermula pada abad ke-9 di Ethiopia. Namun, budidaya dan perdagangan kopi baru mulai populer pada abad ke-15 oleh pedagang Arab di Yaman. Kopi mencapai Eropa pada abad ke-17 namun tidak dapat tumbuh baik di sana. Bangsa-bangsa Eropa lantas menggunakan daerah jajahannya untuk membudidayakan tanaman kopi. Indonesia, yang diduduki Belanda, memiliki andil yang besar dalam sejarah dan persebaran jenis kopi di dunia.


Asal - Usul Kopi

Sejarah kopi sangat erat kaitannya dengan peradaban kaum muslim era kekhalifahan. Peradaban muslim punya pengaruh yang besar bagi perkembangan peradaban dunia, baik dalam hal sains, teknologi, budaya, seni, sastra, hingga kuliner. Budaya minum kopi adalah salah satunya. Konon, tanaman kopi pertama kali ditemukan di daratan Afrika, tepatnya di daerah yang merupakan bagian dari negara Ethiopia, yaitu Abyssinia. Masyarakat Ethiopia mulai mengkonsumsinya sejak abad ke-9. Pada saat itu kopi belum dikenal luas di dunia.
Biji kopi menjadi komersial setelah dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman pada pertengahan abad ke-15. Kopi dipopulerkan menjadi minuman oleh orang-orang muslim. Istilah kopi juga lahir dari bahasa arab, qahwah yang berarti kekuatan. 
Berkat peradabannya yang lebih maju dari Afrika, Arab membudidayakan kopi sendiri dan mengekspornya ke penjuru dunia. Orang-orang muslim mulai menyebarluaskan kopi melalui Pelabuhan Mocha, Yaman. Berdasarkan literatur sejarah kopi, minuman ini sempat menjadi komoditas utama di dunia Islam. Minuman kopi sangat populer di kalangan peziarah kota Mekah meskipun beberapa kali dinyatakan sebagai minuman terlarang. Para peziarah meminumnya untuk mengusir kantuk dan tetap terjaga saat beribadah malam.

Nah guys itu tadi sejarah singkatnya dari kopi dan selanjutnya saya akan membahas apa-apa saja sih manfaatnya dari minuman kopi ini bagi kesehatan dan berikut ini manfaatnya:

1. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes
menurut data yang diketahui beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering anda meminum kopi maka semakin kecil anda terkena resiko diabetes tipe 2. dan hal itu diperkuat dengan sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA (school of public Health and medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan pada tahun 2011. dan hasil survei mengatakan apabila wanita menopuse meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 50%
2. Manfaat kopi dalam melawan kanker
sebelumnya kopi pernah diyakini sebagai penyebab kanker tetapi para peneliti tidak mempertimbangkan faktor lain ,yaitu seperti kebiasaan merokok dan meminum alkohol . kini manfaat kopi dapat terbukti mampu melindungi tubuh dari kanker yaitu dengan memperbaiki DNA. 
Kopi mengandung ratusan senyawa kimia diantaranya senyawa anti inflamasi dan anti oksidan yang sangat aktif ,seperti metylpyridinium. dan kopi espresso juga memiliki 2 sampai dengan 3 kali lipat jumlah senyawa anti kanker.

3. Meningkatkan Stamina

Sudah menjadi rahasia umum bahwa meminum kopi bisa mengurangi rasa ngantuk. Manfaat kopi ini tidak lepas dari kandungan zat kafein yang tinggi, sehingga bisa memperlambat kinerja sel Adenosolin yang menjadi penyebab utama rasa ingin tidur pada otak.

4. Mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer dan Dimensia
Orang yang berusia 65 tahun ke atas sangat beresiko terkena penyakit Alzheimer. Untuk mengantisipasinya bisa meminum kopi secara rutin yang bermanfaat mencegah penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa resiko peminum kopi untuk terkena penyakit Azheimer jauh lebih kecil hingga 65% dibandingkan orang yang tidak meminum kopi.

5. Menambah jumlah serat sehingga dapat Melancarkan BAB
Sulit buang air besar biasanya dikarenakan oleh kurangnya jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mengatasinya bisa meminum satu gelas kopi yang setara dengna 1.8 gram serat. Sedangkan jumlah serat yang direkomendasikan adalah 20-38 gram, sehingga kita harus tetap mengimbanginya dengan berbagai makanan berserat lainnya.

6. Mampu Mencegah Penuaan Dini 
Semua orang pasti akan tua. Namun tak jarang orang tua mengidap berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, dan hipertensi. Resiko penyakit penuanan tersebut bisa dikurangi dengan rutin meminum kopi. Sebagai buktinya adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh David Furman, profesor di Institute for Immunity, Transplantation and Infection, Stanford University yang membuktikan bahwa orang tua yang memiliki rutinitas meminum kopi setiap harinya menunjukan tingkat lebih rendah terkena penyakit penuaan kronis.

7. Mampu mengurangi Resiko terkena stroke
Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja, baik orang tua maupun anak muda. Resiko penyakit stroke bisa dikurangi dengan meminum kopi secara rutin. Manfaat kopi ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang mengatakan bahwa resiko terjadi penyakit stroke pada peminum kopi lebih rendah 20% dibandingkan orang yang tidak meminum kopi.

8. Mampu mengurangi Rasa Despresi
Banyak pikiran dan beban membuat sebagian orang mengalami yang namanya depresi. Apabila depresi berlarut-larut maka bisa menyebabkan gangguan kejiwaan dan itu akan sangat berbahaya bagi mental kita . Rasa depresi bisa dikurangi apabila rutin meminum kopi seperti sebuah penelitan yang dilakukan oleh Hardvard pada tahun 2011. Pada penelitian tersebut membuktikan bahwa wanita yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki peluang 20% lebih rendah untuk terkena depresi. karena sehabis meminum kopi perasaan hati dan pikiran akan lebih tenang dan damai.
9. Menambah daya ingat
Daya ingat seseorang akan semakin menurun seiring bertambahnya umur. Penurunan daya ingat sebenarnya bisa dikurangi dengan rutin meminum kopi. Manfaat kopi yang satu ini sudah terbukti dengan berbagai penelitian yang membuktikan bahwa rutin meminum kopi membuat pikiran bebas dari stress dan depresi, sehingga daya ingat selalu optimal.

10. Sebagai Sumber Antioksidan
Ada banyak kandungan pada kopi, seperti Kafein, Kromium, Magensium, dan Antioksidan. Semuanya bermanfaat bagi tubuh, namun yang paling penting adalah kandungan antioksidan pada kopi yang sangat bermanfaat sebagai penangkal radiasi bebas agar terhindar dari penyakit degeneratif yang umumnya diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, sehingga menyebabkan perubahan secara bertahap pada sel-sel tubuh yang kemudian bisa merusak fungsi organ penting dalam tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

6 Makanan untuk mengatasi Insomnia

Biographi: Zoe baker, Resident evil 7

KEBAHAGIAAN TAK SELAMANYA BERSIFAT ABADI